Senin, Juli 22All Out Service for You
Shadow

Training 5S/5R

Materi Training 5S – Lingkungan dunia usaha yang semakin kompetitif, menuntut para pelaku usaha untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas produksinya.  Salah satu tool yang popular diimplementasikan dunia industri manufaktur adalah 5S, yang merupakan tool manajemen yang berasal dari Jepang yang sangat efektif untuk menata area kerja dan kegiatan  good House Keeping baik untuk lingkungan kantor, workshop, gudang, lantai produksi dan lingkungan.

Saat ini, program 5S telah banyak diadopsi oleh berbagai industri di berbagai negara. Popularitas 5S ini tak lepas dari kesuksesan industri Jepang yang selama ini memusatkan  perhatiannya terhadap pengurangan segala  pemborosan (waste). Konsep ini merupakan landasan untuk membentuk perilaku manusia agar memiliki kebiasaan (habit) mengurangi pemborosan di tempat kerjanya sekaligus peningkatan berkesinambungan (Continuous improvement).

Program  5S/5R merupakan salah satu program  penting untuk mewujudkan perusahaan kelas dunia (World Class Services). Sistem manajemen 5S/5R  sebagai suatu teknik dalam peningkatan mutu melalui good housekeeping telah banyak dipraktekkan di berbagai perusahaan  di Indonesia.  Tujuan penerapan 5S/5R adalah untuk menciptakan area kerja yang tertata rapi, bersih dan teratur,tidak ada yang berlebihan dan ada tempat yang luas,Waste  (pemborosan) mudah dikenali,sistem standar mudah dipahami dan terlihat jelas ,terbangunnya disiplin secara alami  dan meningkatkan  image   positif organisasi.

Agar implementasi 5S/5R dapat secara efektif dijalankan, maka perlu adanya  program pelatihan yang komprehensif khususnya untuk para fasilitator guna memandu dan mendampingi  perusahaan yang akan mengimplementasikan 5S/5R secara terukur, efektif dan efisien.

TUJUAN KEGIATAN TRAINING 5S/5R

Tujuan dari  kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada fasilitator program 5S diperusahaan dalam memandu penyusunan program kerja 5S/5R, agar peserta memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan 5S di tempat kerja secara optimal.

BENTUK KEGIATAN TRAINING 5S/5R

Kegiatan dimaksud adalah kegiatan pelatihan yang melibatkan peserta pelatihan dari internal perusahaan secara aktif dan partisipatif.

MATERI  TRAINING 5S/5R

  1. Sinkronisasi Program 5S dengan Kebijakan / Ketentuan Sistem Lain yang berlaku di Program Kerja Fasilitator Pencanangan 5S
  2. Peran, Tugas danTanggungjawab Fasilitator
  3. Teknik Komunikasi Fasilitator
  4. Prosedur dan Standard Pertemuan Komite 5S, Promosi / Sosialisasi dan pelatihan 5S,
  5. Metodologi Implementasi 5S
  6. Identifikasi dan Penetapan Area Kerja
  7. Prosedur dan standart Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke
  8. Standarisasi warna, penempatan perangkat kerja, pembuatan dan pemasangan rambu 5S, arsip dokumen
  9. Standarisasi 5S untuk semua ruangan  dan lingkungan.
  10. Standar audit dan penilaian serta form pelaporan.
  11. Tahapan Implementasi di tempat kerja
  12. Mengembangkan Konsep Reward dan Pusnishment Patuh 5S
  13. Proses Audit 5S

Instruktur

Ir. JAMALLUDIN HARAHAB, SE., M.Si

Informasi dan Pendaftaran

nurma@centragama.com

0813-8142-1802 (Mobile Phone/WhatsApp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *