Senin, Juli 22All Out Service for You
Shadow

Sertifikasi Risk Based Inspection

Program Pelatihan dan Sertifikasi Risk Based Inspection telah dirancang sesuai dengan regulasi yang tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 318 Tahun 2016. Keputusan ini secara khusus menetapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dalam kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis, terfokus pada Golongan Pokok Aktivitas Arsitektur dan Keinsinyuran; Analisis dan Uji Teknis pada Jabatan Risk Based Inspection (RBI). RBI sendiri merupakan suatu metode sistematis yang digunakan untuk mengevaluasi frekuensi serta jenis inspeksi yang dibutuhkan pada peralatan berdasarkan tingkat risiko yang terkait.

Tujuan utama dari program sertifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa para profesional di bidang Risk Based Inspection memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan standar nasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan serta meminimalkan risiko yang terkait dengan kegiatan inspeksi peralatan. Dengan demikian, program ini tidak hanya memperkuat kompetensi individu tetapi juga menguntungkan secara keseluruhan dalam menjaga keselamatan dan keandalan peralatan.

Dalam konteks ini, peserta pelatihan akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar RBI, termasuk bagaimana menerapkan pendekatan ini dalam praktik. Mereka juga akan dilatih untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko terkait dengan peralatan, serta memilih metode inspeksi yang paling efektif sesuai dengan tingkat risiko yang ada. Pelatihan ini tidak hanya melibatkan aspek teoritis, tetapi juga penekanan pada aplikasi praktis, memungkinkan peserta untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi praktisi RBI yang kompeten dan terampil.

Selain itu, program ini juga dapat berperan sebagai landasan bagi pengembangan karier bagi para profesional yang ingin memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang inspeksi berbasis risiko. Dengan sertifikasi ini, para profesional dapat lebih diakui di pasar kerja dan memiliki kesempatan untuk mengejar peluang karier yang lebih baik dalam industri yang terkait dengan inspeksi peralatan. Ini juga memperkuat komitmen industri terhadap standar keselamatan dan kualitas yang tinggi, menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan andal bagi semua pihak yang terlibat.

Tujuan Program Pelatihan dan Sertifikasi Risk Based Inspection

Tujuan dari pelatihan dan sertifikasi kompetensi RBI ini adalah:

  1. Meningkatkan keterampilan peserta dalam menerapkan peraturan keselamatan, kesehatan kerja, dan perlindungan lingkungan di tempat kerja.
  2. Meningkatkan pengetahuan peserta dalam melakukan pengumpulan data yang relevan untuk analisis risiko.
  3. Membangun sikap yang berorientasi pada risiko dan keamanan dalam melakukan aktivitas inspeksi.
  4. Mempersiapkan peserta untuk menghadapi ujian sertifikasi kompetensi RBI.

Unit-unit Kompetensi Risk Based Inspection

  1. M.7120310.001.01 | Menerapkan Peraturan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan di Tempat Kerja
  2. M.7120310.002.01 | Melakukan Pengumpulan Data
  3. M.7120310.003.01 | Melakukan Analisa Data
  4. M.7120310.004.01 | Menentukan Metode Kajian Risiko (Risk Assessment Method)
  5. M.7120310.005.01 | Menentukan Faktor-Faktor Kemungkinan Kegagalan (PoF)
  6. M.7120310.006.01 | Menentukan Faktor-Faktor Konsekuensi Kegagalan (CoF)
  7. M.7120310.007.01 | Menentukan Tingkat Risiko Peralatan (Risk Ranking)
  8. M.7120310.008.01 | Membuat Program Perencanaan Inspeksi
  9. M.7120310.009.01 | Melakukan Evaluasi Implementasi Awal RBI
  10. M.7120310.010.01 | Membuat Laporan Hasil Pekerjaan RBI

Persyaratan Peserta

  • Surat keterangan / rekomendasi dari perusahaan.
  • Peserta secara teknis menguasai Bidang RBI serta mempunyai pengalaman kerja di bidangnya minimal 3 tahun, dengan melampirkan bukti.
  • Peserta dianjurkan membawa laptop.

Kontak Person:
Nurma (0813-8142-1802)
Email: nurma@centragama.com

PT Centra Gama Indovisi
Jl. Patangpuluhan No. 26 Yogyakarta 55252
Website: www.centragama.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *