Senin, Juli 22All Out Service for You
Shadow

Sertifikasi Auditor Energi Bangunan Gedung

Sertifikasi Auditor Energi Bangunan Gedung Di era di mana efisiensi energi semakin penting, peran auditor energi bangunan gedung menjadi sangat vital. Mereka bertugas untuk mengevaluasi penggunaan energi dalam bangunan gedung dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi energi. Oleh karena itu, kualitas dan kompetensi auditor ini sangatlah penting.

Pelatihan berbasis SKKNI yang diadakan oleh PT Centra Gama bertujuan untuk memastikan bahwa para peserta memiliki pemahaman yang komprehensif tentang tugas dan tanggung jawab seorang auditor energi bangunan gedung. Dengan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional, pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar para auditor dapat menjalankan tugas mereka dengan efektif dan profesional.

Sementara itu, sertifikasi yang diberikan oleh PT Centra Gama menegaskan bahwa seorang auditor telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh SKKNI. Dengan demikian, sertifikasi ini memberikan jaminan kepada klien dan pemangku kepentingan bahwa hasil audit yang diberikan oleh auditor tersebut dapat dipercaya dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, kegiatan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2018 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis Lainnya Bidang Audit Energi. Ini menegaskan bahwa pelatihan dan sertifikasi yang di selenggarakan oleh PT Centra Gama telah memenuhi standar kompetensi yang di tetapkan oleh pemerintah.

Dalam kesimpulannya, upaya PT Centra Gama dalam menyelenggarakan pelatihan berbasis SKKNI dan menyediakan sertifikasi bagi auditor energi bangunan gedung merupakan langkah yang sangat positif. Ini tidak hanya membantu meningkatkan kualitas dan profesionalisme auditor, tetapi juga berkontribusi pada efisiensi energi bangunan secara keseluruhan. Dengan adanya auditor yang berkualitas dan terlatih, di harapkan akan tercipta bangunan gedung yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan di masa depan.

Tujuan Pelatihan Sertifikasi Auditor Energi Bangunan Gedung

  1. Mendapatkan gambaran mengenai kompetensi kerja, berupa keahlian di bidang Audit Energi dengan mengacu pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No.: Kep. 53 Tahun 2018 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Audit Energi
  2. Memahami Standar Kompetensi seorang Auditor Energi Bangunan serta mampu melaksanakan tugas-tugasnya sesuai Unit Kompetensi yang di tentukan
  3. Terlaksananya RSKKNI Bidang Audit Energi dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan SKKNI.
  4. Di milikinya SKKNI Bidang Audit Energi yang selaras dan sesuai dengan best practice layanan Audit Energi dan peraturan /perundangan yang terkait.

 Materi Pelatihan Sertifikasi Auditor Energi Bangunan Gedung

  1. Konsep SKKNI
  2. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No.: Kep. 53 Tahun 2018 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Audit Energi
  3. Bidang Jasa Audit Energi The Role of the Building Energy Auditor
  4. Model Standar Kompetensi
  5. Mengapa Standar Kompetensi Di Butuhkan
  6. Unit-unit Kompetensi:
    1. M.74AEN00.001.2 | Merencanakan audit energi
    2. M.74AEN00.002.2 | Melaksanakan rapat pembukaan
    3. M.74AEN00.003.2 | Mengumpulkan data pada bangunan gedung
    4. M.74AEN00.006.2 | Merencanakan pengukuran parameter energi pada bangunan gedung
    5. M.74AEN00.009.2 | Melakukan survei lapangan pada bangunan gedung
    6. M.74AEN00.012.2 | Melakukan analisis data survei lapangan pada bangunan gedung
    7. M.74AEN00.015.2 | Melaporkan hasil audit energi

Metode Kegiatan Pelatihan Sertifikasi Auditor Energi Bangunan Gedung

Kegiatan ini menekankan pada pendekatan model pembelajaran berbasis kompetensi. Pada akhir pelatihan peserta akan mengikuti proses assessment (uji kompetensi) yang langsung di tangani oleh asesor dari LSP.

Persyaratan Umum Peserta Sertifikasi

  1. Uji Kompetensi di ikuti minimal 6 peserta dengan profesi:
    • Auditor Energi Bangunan Gedung
    • Konsultan Energi Bangunan Gedung
    • Insinyur Energi Bangunan Gedung
    • Ahli Teknik Lingkungan (dengan spesialisasi dalam energi bangunan)
    • Ahli Bangunan Berkelanjutan
    • Manajer Proyek Bangunan Berkelanjutan
    • Pengembang Properti Berkelanjutan
    • Penasehat Energi Bangunan Gedung, atau
    • profesional yang berpengalaman di bidang yang terkait
  2. Persyaratan Dasar:
    • Memiliki pendidikan akhir formal minimal Sarjana Strata I dan memiliki pengalaman kerja efektif bidang keenergian minimal selama 1 (satu) tahun atau,
    • Memiliki pendidikan akhir formal minimal Diploma III teknik dan memiliki pengalaman kerja efektif bidang keenergian minimal selama 2 (dua) tahun atau,
    • Memiliki pendidikan akhir formal minimal SLTA (SMU/SMK) dan memiliki pengalaman kerja efektif bidang keenergian minimal selama 15 (lima belas) tahun
  3. Menyerahkan dokumen bukti portofolio berupa laporan audit energi yang telah di lakukan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir. Laporan tersebut akan mencakup unit-unit kompetensi okupasi auditor energi.
  4. Peserta di anjurkan membawa laptop

Instruktur & Tim Assessor

Kegiatan sertifikasi akan di pimpin oleh praktisi berpengalaman dalam Audit Energi dan didukung oleh Tim Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Informasi dan Pendaftaran
nurma@centragama.com
0813-8142-1802 (Mobile Phone/WhatsApp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *