Minggu, Februari 25All Out Service for You
Shadow

Sertifikasi Kompetensi Bidang Pusat Data

Data Center – Sertifikasi Kompetensi Bidang Pusat Data Berbasis SKKNI No.: Kep. 45/2015 Tentang Penetapan SKKNl Kategori Informasi Dan Komunikasi Golongan Pokok Kegiatan Jasa Informasi Bidang Pengelolaan Pusat Data.

Selama beberapa dekade terakhir, pertumbuhan bisnis dan kemajuan teknologi telah saling terkait satu sama lain. Keterkaitan ini untuk bersinergi demi kemajuan yang kontinyu. Dengan setiap kebutuhan bisnis baru, teknologi telah melangkah untuk memberikan solusi yang tepat. Modal yang luar biasa besar telah diinvestasikan dalam perangkat keras dan piranti lunak baru. Hal ini membuat infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi setiap organisasi yang memanfaatkannya. Dan organisasi yang paling berhasil adalah organisasi yang mampun menopang pertumbuhan. Yaitu organisasi mereka yang telah mengambil keuntungan dari inovasi baru. Di samping itu mereka sambil mengurangi biaya, kompleksitas, dan kelebihan kapasitas.

Sebuah pusat data merupakan fasilitas yang berpusat pada kegiatan operasional TIK. Kegiatan operasional TIK ini termasuk seluruh komponen peralatannya, dan merupakan tempat dimana sebuah organisasi menyimpan, mengelola, dan menyebarluaskan data. Pusat data menjadi wadah untuk sistem informasi sebuah organisasi dan merupakan infrastruktur sangat penting untuk kelangsungan operasi sehari-hari. Konsekuensi dari realitas ini adalah bahwa keandalan pusat data adalah prioritas utama bagi tiap organisasi.

Hari ini begitu banyak pusat data dan penyedia komputasi awan (cloud computing services) di luar sana. Bila sebuah pusat data tidak melaksanakan perbaikan terus-menerus untuk fasilitas dan operasionalnya, maka pusat data tersebut memiliki risiko. Risiko bisa berupa kehilangan pelanggan/pengguna yang berpindah ke penyelenggara layanan pusat data lain.

Kompetensi Bidang Data Center

Sebuah pusat data yang baik harus memiliki strategi untuk secara berkala melakukan audit kinerja pusat data. Selain itu secara berkala mengidentifikasi ruang-ruang untuk perbaikan. Inovasi teknologi terus berjalan sepanjang waktu. Kegiatan evaluasi peralatan dan penyusunan jadwal berkala dibutuhkan . Hal ini untuk peremajaan (upgrade) akan dapat membantu pusat data mempertahankan dan meningkatkan efisiensi dari waktu ke waktu.

Peningkatan kinerja sebuah pusat data difokuskan pada perangkat keras dan peralatannya. Namun hal yang paling penting adalah memastikan bahwa sebuah pusat data dirancang, dikelola, dan dioperasikan oleh SDM. SDM yang dimaksud adalah yang memiliki kompetensi handal dan sesuai dengan tugas dan jabatannya. Hal ini semakin penting untuk profesional/tenaga kerja bidang TIK. Khususnya bidang pengelolaan pusat data untuk memenuhi tantangan hari ini, dan secara proaktif menggapai tujuan mereka di masa depan. Dengan tersedianya SDM yang handal, profesional, dan memiliki keahlian dalam mengelola sebuah pusat data akan mendukung kinerja TIK yang optimal. Hal ini karena diharapkan akan dapat memberikan jaminan infrastruktur pusat data yang tangguh dan terawat dengan baik.

Keterampilan dan keahlian mengelola sebuah pusat data merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh SDM yang memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang pusat data. Untuk membantu organisasi dan anggota saat ini dan masa depan tenaga kerja ini, PT Centra Gama Indovisi bekerjasama dengan Lebaga Sertifikasi Profesi bermaksud memberikan pengetahuan dan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh praktisi pengelolaan pusat data melalui Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Bidang Pusat Data.

Sertifikat Kompetensi Bidang Data Center

Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikasi dari badan yang legal sebagai pengakuan atas suatu kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional melalui Lembaga sertifikasi yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi

Tujuan Sertifikasi Kompetensi Bidang Data Center

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu:

  • Merencakan pengelolaan pusat data
  • Mengelola operasional pusat data
  • Memelihara pusat data
  • Mengawasi pusat data

Unit Kompetensi Bidang Pusat Data

Metode Kegiatan

Kegiatan ini mencakup rangkaian kegiatan mulai dari penyegaran (refresh) materi yang berbasis kompetesi, tahap persiapan (pra assessment) dan uji kompetensi (assessment). Pada tahap pelatihan, kegiatan ditekankan pada pendekatan model pembelajaran orang dewasa dengan motode diskusi interaktif. Pelaksanaan Uji Kompetensi dilakukan oleh Asesor dari LSP setelah peserta mendapatkan pembekalan dari trainer yang kompeten.

Persyaratan Dasar Peserta

Telah berpengalaman kerja pada lingkup yang sesuai dengan Skema Data Center yang dibutuhkan minimal 1 tahun secara berkelanjutan.

Persyaratan Sertifikasi

  1. Pas foto 3√ó4 (3 lembar)
  2. Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar)
  3. Copy ijazah terakhir (1 lembar)
  4. Copy sertifikat yang relevan dengan Skema Pusat Data atau Data Center yang dibutuhkan
  5. CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema Pusat Data atau Skema Data Center yang dibutuhkan
  6. Portofolio yang relevan dengan Skema Pusat Data atau Skema Data Center yang dibutuhkan

Instruktur & Tim Asesor

TIM ASOSIASI PENDUKUNG LSP

MERENCANAKAN IN-HOUSE TRAINING? HUBUNGI KAMI SEGERA UNTUK PENAWARAN TERBAIK SESUAI JADWAL DAN KEBUTUHAN PERUSAHAAN ANDA

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

HP/WA: 0813-8142-1802

EMAIL: nurma@centragama.com

PT CENTRA GAMA INDOVISI

Alamat kantor : Jalan Patangpuluhan 26 Yogyakarta 55252

Telepon : (0274) 375734, Fax : (0274) 375734

E-mail : infotraining@centragama.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: