Minggu, Februari 25All Out Service for You
Shadow

Pressure Safety Valve Training

Pressure Safety Valve Training – Keamanan dan keselamatan di dalam operasi industri sangat mutlak diperlukan. Pengetahuan akan safety dalam bekerja dan dalam menghandle peralatan industri yang baik dan benar harus dimiliki oleh pelaku industri. Bahaya-bahaya di industri seperti releasing bahan-bahan berbahaya, ketinggian, aspek mekanikal dan elektrikal, kondisi operasi peralatan plant yang bersifat high risk seperti penggunaan temperature dan tekanan tinggi, dan sebagainya jika tidak diperhatikan dengan baik bisa jadi akan berpotensi pada risiko kecelakaan yang tidak hanya merugikan para pekerja, tapi juga operasi industri tersebut.
Beberapa peralatan di industri beroperasi pada tekanan tinggi yang memiliki potensi terjadinya kelebihan tekanan. Bahaya yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan dari peralatan bertekanan adalah terjadinya kelebihan tekanan dari tekanan operasinya (over pressure). Hal ini akan sangat berbahaya jika terjadinya over pressure pada peralatan tersebut tidak dikendalikan. Bahkan ancaman terjadinya ledakan karena over pressure dapat terjadi, ditambah lagi jika bahan yang ada dalam fasilitas industri tersebut adalah bahan-bahan yang berbahaya yang mudah terbakar dan meledak (flammable dan explosive) seperti butan, propan, LPG dan yang lain.
Jika kebocoran bahan kemudian ledakan karena over pressure yang tidak terkendali tersebut sampai terjadi, akan menjadi kecelakaan yang besar, kerugian baik material maupun jiwa manusia menjadi konsekuensinya. Dapat kita bayangkan jika sistem proteksi dari vessel bertekanan seperti tangki penyimpanan butan tidak memenuhi standar proteksi atau tidak bekerja dengan baik, risiko bahaya menjadi luar biasa besar. Sistem proteksi yang baik untuk mengontrol jika terjadi over pressure pada fasilitas terkait adalah mutlak harus terinstal. Pengamanan fasilitas-fasilitas tersebut biasanya dibuat berlapis-lapis untuk mengontrol bahayanya.

Urgensi Pelatihan Presure Safety Valve

Pressure safety valve adalah valve yang digunakan untuk melindungi peralatan dari tekanan yang berlebih dengan cara membuang tekanan berlebih sesuai dengan tekanan yang telah di set pada PSV. Peralatan yang sering menggunakan PSV ini adalah Pressure Vessel. PSV ini sangatlah penting, jika suatu peralatan pressure vessel tidak terdapat PSV maka peralatan tersebut tidak layak dioperasikan.
Pengetahuan dan prinsip-prinsip tentang PSV yang baik diperlukan oleh para pekerja industri yang berhubungan dengan peralatan-peralatan terkait.

Unit-unit Kompetensi Bidang Pressure Safety Valve

  1. IMG.SV01.001.01 Mengikuti Prosedur K3 di Tempat Kerja
  2. IMG.SV01.002.01 Membaca Gambar Rangkaian Pengujian
  3. IMG.SV01.003.01 Memelihara Peralatan Tangan (hand tools) dan Peralatan Bengkel
  4. IMG.SV02.001.01 Mengidentifikasi Pressure Safety Valve
  5. IMG.SV02.004.01 Membongkar dan Merakit PSV
  6. IMG.SV03.001.01 Membuat Laporan Hasil Identifikasi
  7. IMG.SV02.007.01 Service Pressure Safety Valve
  8. IMG.SV02.0010.01 Menguji Pressure Safety Valve
  9. IMG.SV02.0013.01 Membuat Metode Pengujian dan Format Laporan Pengujian

Instruktur Pelatihan Pressure Safety Valve

Joko Winarno , S.T, M.Eng & Team

Pelaksanaan

  • Januari
  • Februari
  • Maret
  • April
  • Mei
  • Juni
  • Juli
  • Agustus
  • September
  • Oktober
  • November
  • Desember

Informasi dan Pendaftaran

PT CENTRA GAMA INDOVISI
Jl. Patangpuluhan No. 26 Yogyakarta 55252
Telp/Fax : (0274) 375734
Mail : nurma@centragama.com,
Website : www.centragama.com
CP : Nurma 0813-8142-1802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: