Minggu, Februari 25All Out Service for You
Shadow

Sertifikasi Graphic Designer Multimedia

Sertifikasi Graphic Designer Multimedia – Berada dalam era perdagangan bebas, baik dalam lingkup regional AFTA dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 31 Desember 2015 maupun dalam skala perdagangan bebas yang lebih luas dalam kerangka WTO, daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Era pasar bebas tidak hanya mengenai perdagangan barang dan jasa saja, namun juga menyangkut kebebasan mobilitas tenaga kerja antar negara. Situasi ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan, di satu sisi membuka kesempatan bekerja seluas-luasnya melintas negara dengan lebih mudah, di sisi lainnya persaingan tenaga kerja akan semakin tajam. Mempersiapkan SDM berdaya saing tinggi agar mampu berkompetisi secara global merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Desain Grafis merupakan bidang profesi yang berkembang pesat sejak Revolusi Industri (abad ke-19) saat di mana informasi melalui berbagai media semakin luas untuk mendukung perdagangan. Kemudian Bidang Desain Grafis di dunia internasional memiliki beberapa nama lain seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Komunikasi, Komunikasi Visual dan Komunikasi Grafis. Namun di Indonesia kita menggunakan istilah Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual.

Seorang Desainer Grafis/Komunikasi Visual mengemas informasi menjadi media visual yang dimengerti khalayak sasarannya. Desainer Grafis/Komunikasi Visual membuat konsep komunikasi grafis, merancang dan meyelaraskan elemen-elemen desain sesuai dengan prinsip-prinsip desain. Untuk mencapai tujuan komunikasi yang diharapkan. Di samping itu harus mampu mengawasi dan memberikan supervisi produksi. Seorang Desainer Grafis/Komunikasi Visual dalam bekerja mendapatkan bahan-bahan berupa naskah dari penulis naskah, gambar dari illustrator, foto dari fotografer, maupun materi-materi lainnya dari pihak ketiga. Agar hasil yang diperoleh sesuai dengan kebutuhannya, Desainer Grafis/Komunikasi Visual harus mampu membuat brief dan memberikan supervisi kepada pihak ketiga yang menjadi rekanannya.

Peta Profesi Multimedia Graphic Designer

Di bawah ini merupakan peta profesi untuk memberikan gambaran mengenai fungsi dan lingkup bidang Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual.

Peta Profesi Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual

Dari peta profesi terebut terlihat lingkup profesi bidang Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual yang mencakup 3 (tiga) fungsi pentingnya yaitu to inform, to indentify, dan to persuade. Fungsi memberikan informasi, mengidentifikasi dan membujuk (mempersuasi) dengan mempergunakan media grafis (berbasis cetak), media digital, dan environmental (lingkungan). Ketiga jenis media tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendiri maupun secara terpadu. Adapun lingkup profesi terbagi menjadi profesi yang lebih umum biasanya disebut desainer grafis/komunikasi visual dan profesi yang lebih spesialis seperti: desainer brand, desainer kemasan, desainer website, desainer multimedia, dan lain-lain. Gambaran tersebut menunjukkan bahwa profesi ini akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi.

Dalam hal ini bidang profesi Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan, mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Namun dalam peta industri terkait Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual di atas menggambarkan industri-industri di mana pada umumnya keberadaan seorang Desainer Grafis/Komunikasi Visual. Pada industri-industri tersebut di atas banyak membutuhkan jasa Desainer Grafis/Komunikasi Visual baik sebagai desainer yang bekerja di studio desain, butik kreatif, biro iklan (agency), sebagai desainer lepas (freelancer) maupun menjadi desainer inhouse. Sehingga kebutuhan akan Desainer Grafis/Komunikasi Visual yang kompeten untuk menunjang industri-industri terkait sangat besar.

Karena saat ini sudah memasuki era pasar bebas ASEAN, maka dari itu PT Centra Gama Indovisi bermaksud menyelenggarakan Pelatihan Sertifikasi BNSP Skema Sertifikasi Multimedia Graphic Designer sebagai upaya peningkatan kompetensi personil yang kompeten dan profesional yang mendapat pengakuan dari BNSP.

Tujuan Sertifikasi Graphic Designer Multimedia

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan agar para peserta pelatihan mampu:

  • mengaplikasikan prinsip dasar desain
  • menerapkan prinsip dasar komunikasi
  • menerapkan design brief
  • menciptakan karya desain
  • menerapkan project brief
  • membuat materi siap produksi
  • menerapkan pengaetahuan produksi desain

Unit Kompetensi Sertifikasi Graphic Designer Multimedia

Kode UnitNama Unit Kompetensi
M.74100.001.02Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain
M.74100.002.02Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
M.74100.005.02Menerapkan Design Brief
M.74100.010.01Menciptakan Karya Desain
M.74100.004.02Menerapkan Project Brief
M.74100.013.02Membuat Materi Siap Produksi
M.74100.003.02Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain

Fasilitas

  • Soft materi
  • Sertifikat Pelatihan
  • Sertifikat BNSP, bagi peserta yang kompeten

Instruktur

TIM ASOSIASI YANG BEKERJASAMA DENGAN LSP

Persyaratan Sertifikasi

  1. Pas foto 3×4 (3 lembar).
  2. Copy identitas diri KTP/KK (1 lembar).
  3. Copy ijazah terakhir (1 lembar).
  4. CV pengalaman / keterangan kerja yang relevan dengan Skema Sertifikasi Multimedia Graphic Designer, bila ada.
  5. Portofolio yang relevan dengan Skema Sertifikasi Multimedia Graphic Designer, bila ada.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
HP/WA: 0813-8142-1802

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: